FEST Digital Solution

Bahasa Pemrograman

5 Bahasa Pemrograman Untuk Mobile Apps

Pada era ini semua hal bisa digunakan menggunakan gadget , smartphone dan tablet. Karena penggunanya yang lebih dan juga efisien praktis. Semakin banyak pengguna smartphone dan tablet, permintaan kebutuhan aplikasi mobile juga semakin banyak. Hal tersebut juga berdampak pada instansi, perusahaan dll, untuk membuat sistem mereka menjadi lebih canggih. Untuk itu bagi para programmer menjadi peluang sebagai pekerjaan. Namun dengan itu para programmer juga harus menguasai beberapa pemrograman yang digunakan untuk membuat mobile apps terlepas dari sistem operasi yang digunakan karena setiap sistem operasi tertentu mereka hanya dapat menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai.

Berikut ini beberapa bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat mobile apps :

1.Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang cukup popular dan sering digunakan oleh developer aplikasi untuk IOS maupun android seluruh dunia. bahasa Java ini pertama kali dirilis pada tahun 1995 oleh Sun Microsystems dan dibuat oleh James Gosling. Sekarang ini java mendukung lebih dari 3 miliar perangkat, dan pada tahun 2016 termasuk dalam 70 % Grossing Mobile OS. Java juga merupakan bahasa pemrograman pertama yang digunakan untuk membuat aplikasi. Library dari Java bersifat open source

2.Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman lintas platform berbasis java yang dibuat oleh JetBrains pada tahun 2009. bahasa pemrograman ini banyak digunakan untuk mengembangkan mobile apps berbasis android. Bahasa kotlin dirancang statis agar memudahkan penggunaanya.

Kotlin adalah bahasa yang digunakan tools Android Studio untuk mengembangkan mobile apps. Bahasa ini juga singkat dan dapat digunakan secara bersamaan dengan java.

3. React Native

React Native adalah salah satu framework javascript yang digunakan untuk mengembangkan mobile apps berbasis IOS maupun Android. Dengan menggunakan bahasa pemrograman ini dapat memudahkan developer untuk mengembangkan mobile apps berbasis IOS dan Android. Hal ini karena react native menggunakan sistem bridgeata jembatan yaitu komunikasi 2 arah dengan bahasa pemrograman javascript, JXL, dan XML.

4.Swift

bahasa Swift dikembangkan pada tahun 2009 dan dikenalkan pada tahun 2014. Swift menggabungkan bahasa C# dan Ovjective-C dalam satu bahasa. Swift menjadi bahasa pemrograman utama bagi pengembang mobile apps berbasis IOS.

5.Flutter

Flutter adalah framework atau Software Developer Kit (SDK) yang digunakan untuk membuat dan mengembangakan apliksi mobile cross platform dengan datu basis coding (codebase). Aplikasi yang dihasilkan nantinya dapat digunakan di web, Mac, Linux, Mobile Android maupun IOS. Flutter dirilias pada Mei 2017 oleh Google yang merupakan open cource dan gratis. karena flutter juga menggunakan bahasa pemrograman dart di dalamnya.

Beriku Tadi 5 Bahasa Pemrograman yang biasanya dipakai untuk membuat dan mengembangkan Mobile Apps dan populer dikalangan banyak developer. Kamu juga dapat mengunujungi website festdigitalsolution.com. Jika kamu ingin membuat mobile apps untuk kebutuhan kamu atau sekedar konsultasi mengenai hal tersebut. selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »