FEST Digital Solution

festdigitalsolution.com

5 Tips Foto Produk yang baik & Benar

5 Foto Produk Yang Baik & Benar

Perkembangan bisnis semakin pesat. Apalagi saat ini memasuki era jualan online. Di mana penjual dan pembeli tidak bertemu langsung. Agar konsumen tertarik dengan apa yang di jual, Anda harus menampilkan Foto Produk yang menarik. 

Anda perlu memajang Foto Produk yang menarik di toko online. Karena, pada saat ini, visual produk akan sangat menentukan tingkat penjualan seperti di Instagram atau marketplace. Agar foto menarik, banyak penjual online menyewa jasa fotografer profesional. Padahal, Anda bisa melakukannya sendiri dengan biaya yang terjangkau. Namun sering kali Anda tidak yakin dengan hasil foto. Maka dari itu, di sini dijelaskan mengenai 5 tips foto produk yang baik dan benar agar hasilnya menarik. 

Tips Foto Produk

 

1. Atur background

Pemilihan warna latar belakang yang tepat agar memudahkan kamu ketika melakukan proses pengeditan. Seperti menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dan mengubah warna latar belakang.

Kamu bisa menggunakan latar belakang putih, warna terang lainnya, atau menggunakan warna yang sesuai dengan tema produknya. Jika objek yang ingin dipotret kecil, kamu bisa membuat latar belakang foto sederhana dengan menjepitkan kertas putih pada kursi.

2. Atur tata letak produk

Setelah selesai mengatur latar belakang, sekarang saatnya menata produk. Mengatur produk kelihatannya mudah, tapi ternyata tidak semudah itu. Karena kamu harus memastikan produk mendapat pencahayaan, posisi, dan sudut pandang yang tepat. 

untuk itu kamu bisa meletakkan produk di depan latar belakang, dan posisinya berada di tengah, di atas permukaan yang datar atau stabil. Kamu bisa menambahkan aksesoris atau properti lainnya untuk mempercantik produk. Tetapi, jangan terlalu berlebihan agar pembeli tetap fokus pada produk.

3. Atur pencahayaan

Kemudian Pencahayaan merupakan faktor penting yang dapat mengubah suasana dan efek pada foto. Kamu bisa memanfaatkan 2 sumber cahaya, yaitu cahaya alami (cahaya matahari) dan cahaya buatan.

Kalau anggaran kamu terbatas, kamu bisa memanfaatkan cahaya alami (cahaya matahari) dan melakukan foto di luar ruangan agar mendapat cahaya matahari secara maksimal. Sebaiknya melakukan foto saat pagi dan sore hari. Jika kamu foto di dalam ruangan menggunakan cahaya matahari, pastikan kamu meletakkan objek di tempat yang mendapat banyak cahaya seperti jendela. Kamu juga dapat menggunakan cahaya buatan seperti lampu studio atau lampu softbox yang bisa melembutkan cahaya. Lampu ini banyak dijual di toko online dengan berbagai ukuran dan harga yang bervariasi.

4. Ambil foto dari berbagai angle

Selanjutnya ambil foto produk dari berbagai sudut, jarak, dan posisi yang berbeda-beda. Dan jangan ragu untuk mengambil foto dalam jumlah yang banyak. Agar kamu bisa memilih foto dengan kualitas paling bagus. 

Kalau kamu hanya mengambil foto dari satu angle dan hanya satu kali jepret lalu ternyata hasilnya blur, atau kurang bagus, kamu tidak memiliki cadangan atau pilihan lainnya.

5. Edit foto produk agar terlihat lebih menarik

Setelah foto selesai, masuk ke tahap proses pengeditan foto. Meskipun mungkin sudah berhasil mengambil foto dengan baik, tapi proses pengeditan tetap penting. Dalam tahap ini, kamu bisa mengoreksi warna, menghapus objek yang tidak diinginkan, dan menyesuaikan pencahayaan. hal tersebut dilakukan agar setiap foto memiliki kualitas, pencahayaan, dan posisi yang konsisten.

Nah, itu tadi beberapa hal tentang foto produk yang baik dan benar. Mulai dari pengertian, manfaat atau pentingnya foto prodak, jenis-jenis foto produk, sampai tips/cara melakukan foto produk agar hasilnya berkualitas. Semoga membantu, ya! 

Kamu, bisa belajar lebih dalam lagi tentang foto produk atau fotografi Tunggu apa lagi? Kepoin Website Kita di festdigitalsolution.com ya. Selamat belajar!

WhatsTumblr


Facebook


Instagram


Whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »