FEST Digital Solution

jurnal bhineka

Tips Menulis Daftar Pustaka Jurnal

Tips Menulis Daftar Pustaka pada Jurnal – Daftar Pustaka merupakan suatu kumpulan refrensi yang di rujuk ketika membuat atau mengutip karya suatu tulisan yang di buat. Sebelum mengutip karya atau tulisan orang lain, maka perlu menentukan informasi dan topik apa yang akan di rujuk.

Daftar Pustaka atau refrensi berisi detail informasi kepada pembaca tentang sumber rujukan. sehingga pembaca menapat pemahaman tentang sumber tersebut.

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar Pustaka adalah daftar yang berisi tentang buku, jurnal atau sumber lainya yang digunakan untuk membuat sebuah penelitian ilmiah. Ketika Membuat sebuah tulisan ilmiah, diharuskan untuk menyajikan tulisan yang berasal dari sumber yang benar dan terpercaya menyertakan daftar pustaka.

Manfaat dari menuliskan daftar pustaka yaitu sebagai penanda bahwa data yang di ambil adalah data yang benar, memenuhi etika penulisan karya penulisan ilmiah. bentuk apresiasi kepada penulis atau peneliti sebelumnya bahwa kita mendukung ide dari penulis tersebut.

Tips Penulisan Daftar Pustaka pada Jurnal

1. Menulis Kutipan Langsung

Kutipan langsung merupakan mengutip dari sumber bacaan tanpa merubah kalimat penulis atau bisa juga disebut copy-paste. Terdapat dua jenis yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang.

Kutipan langsung pendek yaitu mengutip tidak lebih dari 40 kata pada tulisan. Ditulis satu paragraf dengan tanda kutip untuk membedakan tulisan yang di kutip dan tidak di kutip.

Kutipan langsung panjang merupakan kutipan yang lebih dari 40 kata dan biasanya dikenal dengan block quote. Cara penulisannya dengan membuat paragraf baru dengan kalimat agak sedikit menjorok ke kanan tanpa tanda kutip, namun tetap menggunakan kalimat jenis font yang sama dengan tulisanmu.

Contoh Kutipan Langsung :

” Semakin hari, Algoritma Google semakin berkualitas dan anda sulit untuk bermain curang mengakali Google.”(Zeembry,2018,h.19)

2.Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Dalam hal ini, penulis tidak mengutip secara semua kalimat dari sumber tulisan namun penulis merangkai dengan kalimat sendiri. Kutipan tidak langsung atau yang disebut parafrasa, biasanya tidak mencantumkan nomor halaman dan sumber yang dikutip.

Contoh Kutipan tidak langsung :

Dalam Hal ini Dijelaskan oleh Edy Budiman (2015) yang berpendapat bahwa Algoritma merupakan urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecah masalah.

cara menulis Daftar Pustaka yang benar

Berikut bebrapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka yaitu :

1.daftar Pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad nama belakang penulis.

2.daftar Pustaka yang memiliki penulis yang sama, di urutkan berdasarkan tanggal publikasi yang paling awal.

Hal yang harus di tuliskan dalam daftar pustaka yaitu : Nama penulis, Tahun Publikasi / Terbit, Judul buku atau karya ilmiah, Tempat terbit dan nama penerbit.

Kami dari PT.FEST Digital Solution memiliki layanan terbaik untuk membantu dalam membuat Jurnal dan melakukan Publikasi Jurnal. Mencari solusi jasa pembuatan jurnal dan publikasi dapat menghubungi PT.FEST Digital Solution, Solusi Jasa Pembuatan Jurnal Hubungi 0882000851544. (FEST)

Berikut tadi penjelasan hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Daftar Pustaka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »